Rabu, 03 Juli 2013

makalah sistem pelayanan perpustakaan



PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Sistem peminjaman merupakan bagian dari sistem pelayanan perpustakaan. Peminjaman adalah salah satu dari berbagai kegiatan pelayanan yang diberikan perpustakaan kepada pembacanya
Akan tetapi sampai saat ini menurut kenyataan yang ada, sistem peminjaman perpustakaan masih kurang dipahami dan dimengerti oleh banyak orang. Padahal sistem peminjaman di perpustakaan adalah sangat penting, sebab bertujuan  agar bahan yang dipinjamkan tidak hilang, selalu paham dimana buku yang dipinjamkan berada dan dipergunakan oleh siapa. Sistem peminjaman haru disusun secara sistematis. Oleh karena itu dengan dibuatnya makalah ini oleh penulis, diharapkan para pembaca bisa lebih memahami dan mengerti betapa pentingnya mengenai sistem peminjaman di perpustakaan.
B.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :
v  Apa saja sistem pelayanan perpustakaan?
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui sistem pelayanan perpustakaan
2.       Menambah wawasan dan pengetahuan
3.       Melatih menulis dengan cara yang baik dan benar
4.       Melatih membuat makalah yang sistematis dan benar

PEMBAHASAN
Sistem Pelayanan Perpustakaan
Sehubungan dengan sistem peminjaman perpustakaan, kita perlu mengetahui tentang sistem pelayanan perpustakaan. Ada dua sistem pelayanan perpustakaan, yaitu sistem layanan terbuka dan sistem layanan tertutup.
1.      Sistem Pelayanan Tertutup
Pada koleksi ini buku tertutup bagi pembaca, dalam arti mereka tidak boleh langsung mengambil buku di rak perpustakaan. Perpustakaan akan mengambilkan buku untuk mereka. Pembaca mengisi sebuah formulir untuk menuliskn judul buku, pengarang, dan nomor panggil buku yang akan dipinjam.
Perpustakaan yang memilih sistem layanan tertutup, pustakawan juga bertugas penyusuna buku di rak, hanya saja pada sistem pelayanan ini yang mengambil dan mengembalikan buku adalah pustakawan. Maka dari itu pustakawan dituntut memahami koleksi dan perpustakaan harus mempunyai pustakawan yang cukup agar para pemakai tidak menunggu terlalu lama untuk memperoleh pustaka yang diinginkan.
Terdapat beberapa keuntungan yang diperoleh dengan sistem pelayanan tertutup, antara lain adalah buku tetap tersusun rapi di rak, karena tidak banyak tangan yang menjamahnya, tidak banyak buku yang hilang sebab hanya petugas yang boleh menuju rak. Namun ada juga kelemahannya, antara lain yaitu pemakai menuggu terlalu lama bahan pustaka yang diinginkan, karena jumlah pustakawan terlalu sedikit dalam melayani pemakai.
2.       Sistem Pelayanan Terbuka
Pada sistem pelayanan terbuka pembaca dipersilahkan masuk ke ruang koleksi perpustakaan dan memilih bahan pustaka yang mereka minati. Dengan sistem ini pembaca memperoleh kesempatan untuk sekedar membaca-baca di rak dan bisa mengetahui berbagai alternatif yang bisa diambil dalam mendukung penelitiannya.
Perpustakaan yang memilih sistem pelayanan ini sebagai konsekuensinya para pustakawan harus menjaga agar susunan koleksi tetap sistematis, yaitu dengan cara tidak memperkenankan pengguna perpustakaan memasukkan sendiri koleksi yang telah dibacanya ke dalam rak. Keadaan tersebut memerlukan tenaga penyusun koleksi pustaka yang secara konsisten memasukkan kembali koleksi yang telah dibaca pengguna ke rak penyimpanan sebelum jam tutup perpustakaan.
Untuk dapat melaksanakan dengan baik pada kedua sistem pelayanan ini, diperlukan beberapa persyaratan, antara lain:
1.      Koleksi harus disusun secara sistematis
a.       Koleksi buku/brosur dan leaflet disusun menurut urutan nomor panggilannya
b.      Koleksi majalah menurut bidang subjek luas, yang di dalamnya disusun menurut abjad judul majalah
2.      Koleksi rujukan menurut jenis publikasinya, yang berbentuk buku disusun menurut nomor panggil dan yang berupa majalah disusun menurut abjad judul, namun disimpan di dalam ruang koleksi rujukan
3.      Alat temu kembali koleksi pustaka harus lengkap
a.       Katalog buku/brosur/leaflet. Katalog harus lengkap artinya baik katalog kartu ataupun katalog elektronik, harus dapat ditelusur dari berbagai titik telusur, yaitu dari nama pengarang, judul, lembaga penerbit maupun subjek
b.      Katalog majalah, katalog ini penting untuk menunjukkan judul-judul majalah yang dimilki perpustakaan. Selain informasi mengenal judul juga diperlukan juga data tentang volume, nomor, dan tahun penerbitnya agar pengguna dapat memastikan apaka ia akan menggunakan koleksi majalah perpustakaan tersebut atau harus mencari di perpustakaan lain yang memiliki volume/nomor tertentu.
c.       Indeks artikel majalah dan monograf analitik. Indeks tersebut biasanya memuat judul-judul artikel yang dikuti dari majalah dan buku/monograf semacam prosiding, risalah dan lain-lain yang isinya terdiri atas artikel/karya tulis
d.      Bibliogarfi, fungsinya seperti katalog atau indeks, ada bibliogarfi yang disusun menurut suatu cakupan subjek tertentu, ada pula yang memuat subjek terbitan suatu negara.

PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Sistem pelayanan perpustakaan ada dua macam yaitu sistem pelayanan tertutup dan sistem pelayanan terbuka
2.      Pada pelayanan sistem tertutup pengunjung tidak diperkenankan masuk rak-rak buku untuk membaca ataupun mengambil sendiri koleksi perpustakaan. Sedangkan sistem terbuka membebaskan pengunjung ke tempat koleksi perpustakaan dijajarkan.
3.      Untuk dapat melaksanakan dengan baik pada sistem pelayanan terbuka dan tertutup diperlukan beberapa persyaratan yaitu oleksi harus disusun secara sistematis dan Alat temu kembali koleksi pustaka harus lengkap.
B.     Saran
Dengan adanya penjelasan tentang sistem pelayanan perpustakaan diharapkan pembaca dapat mengerti dan memhami. Kita bisa memilah-milah sistem pelayanan yang paling baik dan yang kemudian dapat kita terapkan atau menjadi pedoman kita.
Penulis mengharapkan setelah membaca makalah ini pembaca benar-benar paham dan kemudian dapat menjadi sebuah ilmu yang menambah wawasan kita tentang sistem pelayanan dan sistem peminjaman perpustakaan yang nantinya akan sangat berguna bagi kemajuan perpustakaan di Indonesia.

Nama : Raihanul Jannah
NIM  : 13040112130026
Kelas : A
Jurusan : Ilmu Perpustakaan
Judul : Sistem Pelayanan Perpustakaan
FAKULTAS ILMU BUDAYA
UNIVERSITAS DIPONEGORO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar